Pelatihan Transformasi Digital: Arduino dan CAD Dukung Kompetensi Guru dan Siswa SMK di Kulon Progo

Kulonprogo, 30 September 2024 — Dalam upaya meningkatkan daya saing dan kompetensi guru serta siswa menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Program Studi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), menyelenggarakan pelatihan intensif bertajuk “Transformasi Digital: Penguasaan Arduino IoT dan Desain CAD”. Pelatihan yang berlangsung di Field Research Center, Kulonprogo ini diikuti oleh 20 peserta dari SMK 1 Nanggulan dan SMK 2 Pengasih jurusan Elektronika Industri.
Acara pembukaan pada Senin, 30 September 2024, dibuka secara resmi oleh Ardhi Wicaksono Santoso, M.Cs., yang menekankan bahwa pelatihan ini merupakan wujud nyata komitmen UGM dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Kulonprogo.
Sebagai penanggung jawab kegiatan, Dr. Fahmizal menjelaskan bahwa pelatihan ini dimulai dengan materi Advanced Arduino, di mana para peserta diajarkan pemrograman mikrokontroler berbasis Arduino. Selain teori, peserta juga mendapatkan pengalaman praktis dalam mengembangkan proyek IoT yang siap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan lulusan SMK di Kulonprogo akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja modern.

Dokumentasi Kegiatan

Peserta mengikuti sesi praktik Arduino IoT

Peserta mengikuti sesi praktik Arduino IoT.

Peserta mempelajari desain CAD

Peserta mempelajari desain CAD untuk proyek industri.

Sesi pengembangan proyek IoT bersama mentor

Sesi pengembangan proyek IoT bersama mentor.

Diskusi dan presentasi hasil proyek

Diskusi dan presentasi hasil proyek oleh peserta.

Kontribusi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs)

SDG 4

SDG 4 Quality Education
SDG 8

SDG 8 Decent Work & Growth
SDG 9

SDG 9 Industry & Innovation

Kegiatan pelatihan ini mendukung SDG 4 (Quality Education) melalui peningkatan kompetensi guru dan siswa vokasi, SDG 8 (Decent Work and Economic Growth) dengan menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing, serta SDG 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure) melalui penguasaan teknologi yang mendorong inovasi dan kesiapan industri di era digital.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*